Kamis, 25 Juni 2020

KEHIDUPAN KELUARGA KRISTEN (4)

Ayat Bacaan Hari ini: 2 Timotius 3:1-17

Ayat hafalan: “Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.” 2 Timotius 3:15

Setiap keluarga yang percaya akan Kristus, janganlah lalai mendirikan mezbah keluarga dan menerapkan kehidupan yang sungguh-sungguh taat kepada Tuhan. Dimana mereka dapat mencari Tuhan tiap-tiap hari dengan hati yang sungguh-sungguh dan dengan demikian mereka akan memberikan contoh yang baik bagi generasi keturunan mereka.

Mengapa hal ini sangat penting? Kita dapat mempelajarinya dari kehidupan dan tabiat seorang hamba Tuhan didalam Alkitab, yang bernama Timotius. Sejak masa anak-anak, Timotius telah mengenal Kitab Suci. Kehidupan agama memenuhi suasana keluarganya. Dia diajarkan untuk hidup yang saleh dalam rumahnya, hidup suci, berakal sehat, dan tidak dapat dicemarkan oleh perasaan-perasaan yang salah.

Firman Allah menjadi peraturan yang menuntun hidup Timotius. la menerima petunjukNya, dan diberikan contoh oleh keluarganya untuk hidup tidak menyimpang dari ajaran Firman Tuhan. Hasilnya, kuasa rohani dari Firman Tuhan ini memelihara dia untuk hidup tetap suci dalam percakapan dan menjadikan Timotius lepas dari perasaan yang cemar.

Keluarganya berperan penting agar setiap Firman Tuhan yang didengar oleh Timotius, tidak hanya sekedar lewat di telinganya saja. Timotius mempelajari dan mempraktekkan setiap pelajaran mengenai Firman Tuhan yang diajarkan. Sebenarnya la tidak memiliki talenta khusus yang menonjol, akan tetapi pekerjaannya berguna sebab ia menggunakan kesanggupan yang dikaruniakan Allah kepadanya sebagai karunia yang dipersembahkan dalam pekerjaan Tuhan.

Pengetahuannya yang cerdas tentang kebenaran Firman Tuhan dan tentang kesalehan hidup berdasarkan Firman Tuhan memberikan kepadanya kehormatan dan pengaruh didalam masyarakat. Mengapa hidupnya bisa menjadi pengaruh positif bagi orang lain? Karena Roh Kudus menemukan dalam diri Timotius pikiran yang dapat ditempa dan dibentuk menjadi bait suci untuk tempat tinggal Roh Kudus. Dan hal ini dimulai dari keluarganya

Jika anda rindu agar keturunan anda kelak bisa hidup didalam kehormatan dan kemuliaan, mulailah mengajarinya Firman Tuhan sedini mungkin. Agar dia bisa tumbuh didalam pengenalan yang mendalam tentang Firman Tuhan, dan inilah Faktor X yang tidak dimiliki oleh anak-anak yang tidak mengenal Tuhan Yesus dalam hidupnya.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *