Selasa, 23 Juni 2020

KEHIDUPAN KELUARGA KRISTEN (2)

Ayat Bacaan Hari ini: Efesus 5:133

Ayat hafalan:dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.” Efesus 5:21

( …sambungan )

 

Seorang suami yang mengerti kehendak Tuhan, akan mengasihi istrinya dengan sepenuh hati (ayat 25) dan dia tidak akan melakukan penyimpangan. Seorang istri yang mengerti kehendak Tuhan, akan menghargai suaminya dan tunduk kepada suami (ayat 22). Orang tua yang mengerti kehendak Tuhan akan mendidik anak-anaknya menjadi anak-anak yang takut akan Tuhan, dan anak-anak yang mengerti kehendak Tuhan akan menghormati orang tua, serta taat  kepada orang tua. Inilah yang menjadi kerinduan Tuhan.

Jika semua anggota keluarga mengerti kehendak Tuhan, keharmonisan keluarga itu pasti terjadi. Pertanyaannya, bagaimana kita bisa mengerti kehendak Tuhan? Hanya satu jawabannya, yaitu membaca Firman Tuhan, karena isi hati Tuhan sudah tertulis dalam Alkitab. Ingat point pertama kemarin, luangkan waktu untuk membaca Firman Tuhan

 

  1. Keluarga yang dipenuhi oleh Roh Kudus (ayat 18-19).

Ayat ini sangat jelas mengatakan bahwa kita harus dipenuhi dengan Roh Kudus, karena jika tidak, maka nafsu kedaginganlah yang akan berkuasa akan hidup kita maupun keluarga kita. Keluarga Kristen haruslah dipenuhi oleh Roh Kudus, karena Roh Kuduslah yang akan menuntun setiap anggota keluarga untuk tidak melakukan penyimpangan.

Mengapa bisa terjadi suami atau istri yang melakukan perselingkuhan? Mengapa banyak suami yang masih suka mabuk-mabuk, pergi ke tempat-tempat yang tidak baik? Mengapa masih banyak suami yang masih suka memukul istri? Mengapa banyak istri yang masih suka memberontak terhadap suami? Karena Roh Kudus tidak memenuhi hidup mereka, akibatnya mereka hidup dibawah kendali dosa.

Tetapi jika setiap anggota memiliki Roh Kudus, maka Roh Kuduslah yang akan mengingatkan agar tidak melakukan hal-hal yang tidak baik, dan Roh Kuduslah yang akan menuntun untuk berjalan dalam kehendak Tuhan.Kita tahu bahwa jika hal-hal yang tidak baik terjadi antara suami dan istri, maka kemungkinan besar keluarga itu akan berantakan. Undangah Roh Kudus untuk ada dalam kehidupan keluarga kita.

 

Ciri-ciri keluarga yang dipenuhi Roh Kudus:

  Memuji dan menyembah Tuhan (ayat 19)

  Mengucap syukur (ayat 20)

  Hidup dalam kerendahan hati (ayat 21) menganggap yang lain juga lebih penting.

 

Keluarga yang dipenuhi dengan Roh Kudus akan melakukan ketiga hal diatas, dan apabila hal itu dilakukan, maka keharmonisan pasti akan dimiliki oleh setiap keluarga Kristen. Maukah kita memiliki keluarga yang harmonis? Jika itu yang kita inginkan, maka lakukanlah hal-hal diatas, yaitu menggunakan waktu dengan baik, mengerti kehendak Tuhan dan undanglah Roh Kudus memenuhi setiap anggota keluarga. Tuhan Yesus memberkati.

 

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *