Selasa, 20 Oktober 2020

KARAKTER KRISTUS (9)

 

Ayat Bacaan hari ini: Lukas 6:1-49

 

Ayat Hafalan: “Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.” Lukas 6:37

 

( Sambungan…)

 

 10. Selalu Puas dan Bersyukur

Yesus selalu bersyukur atas apa yang diberikan Bapa kepada-Nya. Namun, tidak bagi manusia jaman sekarang. Kita selaku Kristiani sangat tamak dalam hidup. Bukan malah hidup sederhana, makin hari malah semakin tamak. Sudah punya rumah, ingin punya apartemen. Sudah punya mobil, ingin punya yang baru lagi. Ketamakan akan membawa manusia hidup dalam kehancuran dan egoisme.

 

 11. Pemaaf

Karakter manusia dalam diri Yesus selanjutnya ialah pemaaf. Ia mau memaafkan siapapun yang telah berbuat dosa kepada-Nya. Tidak memandang apakah dosa tersebut berat atau tidak. Sifat ini tampak jelas ketika karakter Kristus mau memaafkan dosa seluruh umat manusia. Terutama orang-orang yang menyalibkan Dia.

 

Lukas 6:37 “Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.”

 

12. Rendah Hati

Yesus itu rendah hati. Ia merendahkan diri-Nya agar sama dengan manusia biasa. Kerendahan hati-Nya dibuktikan ketika Ia dibaptis oleh Yohanes Pembaptis di sungai Yordan. Kitapun harus bisa demikian. Walaupun beribu-ribu pujian datang, tetaplah mempertahankan sikap rendah hati. Jangan sekali-kali kamu meninggikan diri. Biarlah Yesus sendiri yang meninggikan dirimu.

 

13. Penyabar

Yesus itu Maha Penyabar. Ia sabar ketika dianiaya dan dijelek-jelekkan oleh orang banyak. Ia tidak marah, malahan Ia mendoakan orang tersebut agar mau bertobat. Yesus sabar menunggu agar manusia di dunia ini bertobat dan mau menjadi murid Kristus.

 

14. Sabar waktu dianiaya

Sama seperti Yesus yang dianiaya, kita sebagai manusia juga akan menerima penganiayaan. Cepat atau lambat, tuduhan palsu akan dilemparkan pada kita. Tapi, jangan membukakakan pintu kebencian bagi orang yang menganiaya kita. Ingatlah akan janji Tuhan bagi orang percaya. Tetaplah belajar untuk mengasihi musuh-musuh kita. Jangan lupa juga untuk berdoa dengan cara berdoa yang benar.

 

15. Tulus Hati

Yesus mengasihi manusia secara tulus ikhlas. Tanpa meminta apapun dari manusia yang dikasihi-Nya. Ketulusan Yesus membawa terang dan kesempurnaan bagi hidup manusia. Ia sebagai manusia telah menunjukkan bahwa semua hal itu bisa dilakukan. Yang terpenting ialah kemauan.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *