Senin, 14 Juni 2021

JIWA MANUSIA (1)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Matius 4:1-11

   

Ayat Hafalan: Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” Matius 4:4

 

Pendidikan hanyalah suatu persiapan terhadap kuasa jasmani, intelek dan rohani untuk hasil yang terbaik dari semua kewajiban hidup. Daya tahan, dan kekuatan serta tindakan otak, berkurang atau bertambah tergantung pada cara penggunaannya. Pikiran harus didisiplin sedemikian rupa agar semua kuasa berkembang secara simetris.

 

Sifat pengalaman keagamaan seseorang dinyatakan oleh jenis buku-buku yang dia pilih untuk dibaca pada saat-saat santai. Agar punya pikiran yang sehat dan prinsip rohani yang teguh, para orang muda harus bersekutu dengan Allah melalui Firman-Nya. Menunjukkan jalan keselamatan melalui Kristus, Alkitab adalah penuntun kita kepada hidup yang lebih tinggi dan lebih baik. Itu berisi sejarah dan riwayat hidup yang paling menarik dan paling mengandung pelajaran yang pernah ditulis. Imajinasi mereka yang tidak menyimpang karena membaca fiksi akan menemukan Alkitab sebagai buku yang paling menarik dari segala buku.

 

Alkitab adalah buku di atas segala buku. Jika Anda mengasihi Firman Allah, menelitinya saat Anda punya kesempatan, sehingga Anda dapat memiliki harta kekayaan yang terkandung di dalamnya, dan dilengkapi dengan semua perbuatan baik, maka dapat dipastikan bahwa Yesus telah menarik Anda kepada-Nya. Tetapi membaca Kitab Suci secara kebetulan, tanpa berupaya memahami ajaran Kristus supaya Anda menuruti syarat-syarat-Nya, tidaklah cukup. Di dalam Firman Allah ‘tersembunyi harta-harta yang dapat ditemukan hanya oleh menancapkan dalam-dalam alat bor ke tambang kebenaran itu.

 

Pikiran jasmani menolak kebenaran; tetapi jiwa yang bertobat mengalami proses perubahan yang ajaib. Buku yang sebelumnya tidak menarik karena menyatakan kebenaran yang bersaksi melawan orang-orang berdosa, kini menjadi makanan jiwa, sukacita dan pelipur hidup. Mentari kebenaran menerangi lembaran suci, dan Roh Kudus berbicara melaluinya kepada jiwa….

 

Biarlah semua orang yang telah memperkuat cintanya terhadap bacaan murahan, kini memalingkan perhatian mereka kepada Firman nubuatan yang pasti. Ambillah Alkitab Anda, dan mulailah belajar dengan minat yang segar dan catatan suci Perjanjian Lama dan Baru. Semakin sering dan makin rajin Anda belajar Alkitab, akan tampak makin indah, dan makin berkurang minat Anda pada bacaan murahan. Ikatlah jilid yang suci ini pada hati Anda. Itu akan menjadi sahabat dan penuntun Anda.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *