Selasa, 22 September 2020

IMAN DALAM DOA

 

Ayat Bacaan Hari ini: Matius 6:5-15

 

Ayat Hafalan: Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. Matius 6:7

 

Alkisah hiduplah sebuah keluarga yang sangat sederhana, suami istri dengan seorang putri mereka yang masih berumur 7 tahun. Sekalipun hidup sederhana, keluarga ini selalu bersyukur dan hidup takut akan Tuhan. Sang ayah selalu mengajarkan putrinya untuk menaikkan doa ucapan syukur ketika mereka mau makan. Hanya doa itulah satu-satunya yang dihafal oleh anak kecil itu.

 

Pada suatu hari, ketika sedang bermain dengan temannya, anak kecil itu ingin menyeberangi sungai yang sangat deras. Hanya ada jembatan yang terbuat dari bambu tanpa ada pegangannya, untuk bisa menyeberangi sungai deras itu. Ketika anak kecil itu sedang berada diatas jembatan bambu, tiba-tiba dia terpeleset dan terjatuh kesungai.

 

Karena anak kecil itu tidak bisa berenang ditambah dengan arus sungai yang sangat deras, membuat anak itu hanyut tak berdaya. Didalam ketidak berdayaannya, anak tersebut teringat bahwa dia masih memiliki Tuhan yang dapat menolongnya. Maka dengan kepolosannya, dia pun berdoa,

“Ya Tuhan, berkatilah makanan dan minuman ini. Amin”

Setelah berdoa, tiba-tiba baju yang dikenakan anak tersebut tersangkut pada sebuah pohon yang tumbang di pinggir sungai itu, dan akhirnya anak tersebut selamat.

Cerita diatas hanya ingin mengingatkan kita tentang kuasa sebenarnya dibalik setiap doa yang kita ucapkan. Kuasa dari doa bukan berada pada apa yang kita ucapkan, melainkan dari iman kita kepada siapa kita berdoa. Banyak orang berpikir, semakin indah dan bagus kata-kata yang diucapkan dalam doa, maka semakin besar peluang doanyaa untuk dikabulkan oleh Tuhan.

Tuhan tidak peduli dengan kata-kata indah didalam doa kita, Tuhan hanya melihat iman kita. Sebab, jauh sebelum kita meminta, Tuhan sudah mengetahui dengan apa yang kita butuhkan, dan Dia hanya tinggal menunggu kapan kita mau meminta hal-hal tersebut dari pada-Nya dengan Iman yang sungguh-sungguh.

 

“Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan.” ( Matius 6:7 )

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *