Sabtu, 30 Januari 2021

HIDUP SEHAT DAN DIBERKATI TUHAN (6)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Roma 14:1-23

 

Ayat Hafalan: “Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.” Roma 14:17

 

 (Sambungan…)

 

  • Manfaatkan teknologi
    Gunakan teknologi sebagai pendukung pola hidup sehat. Daripada menjejali gawai Anda dengan puluhan games, unduh satu-dua aplikasi untuk memantau indikator jasmani, misalnya jumlah langkah, detak jantung, dan lain sebagainya. Bagi Anda penyuka smartwatch, ketahui bahwa gelang pintar Anda bukan hanya untuk gaya-gayaan. Pelajari fitur sedentary alert-nya. Fitur ini mengirimkan pengingat kepada si pemakai untuk melakukan gerak fisik setiap beberapa puluh menit sekali. Entah sekadar meregangkan leher, tangan, dan kaki, atau berjalan keliling ruangan. Ada banyak aplikasi kesehatan yang bisa Anda unduh di ponsel.

 

 4. Buat jurnal makanan

Catat detail hidangan yang Anda konsumsi setiap hari di buku atau notes ponsel. Anda akan sadar apa saja yang Anda lahap dalam sehari. Terkadang kita mengira sudah membatasi camilan berlemak dan bergula, tapi ternyata sudah cheating berkali-kali dan melupakannya.

Pasang wajah ceria dan berterima kasihlah kepada setiap buah dan sayuran yang kita santap. Makanan sehat mengantarkan kita pada kualitas hidup baik, kesehatan prima, bahkan kalau Tuhan berkenan, umur panjang.

 

Kalau setelah membaca tulisan ini ada yang terdorong untuk menjalani pola hidup sehat, saya ucapkan, “Selamat menjemput kemerdekaan!” Namun, kalau terasa berat, mungkin saja kita belum siap merdeka. Bukan dari penjajahan kompeni, melainkan penjajahan hawa nafsu (Yakobus 4:1).

 

Ingatlah, masih banyak perkara yang lebih penting daripada memanjakan lidah dan mengenyangkan perut.

Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.” (Roma 14:17)

Jangan lupa, isikan terus nutrisi rohani ke alam bawah sadar kita dengan baca firman. Yakini janji-janji Tuhan akan masa depan penuh harapan. Janji yang dapat kita raih dan nikmati kalau kita sehat dan berumur panjang. Merdeka!

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *