Jumat, 29 Januari 2021

HIDUP SEHAT DAN DIBERKATI TUHAN (5)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Yakobus 4:1-17

 

Ayat Hafalan: “Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu?” Yakobus 4:1

 

 (Sambungan…)

 

 2. Jauhi godaan dan dekati komunitas yang sehat

Tidak seorang pun yang dapat membelenggu kita, kecuali diri sendiri. Kenali kelemahan-kelemahan Anda, dan jauhi hal-hal yang menjerumuskan. Jangan seperti Hawa dan Adam yang penasaran dengan buah pohon terlarang, padahal ada ribuan pohon lain di Taman Eden. Akibatnya, mereka dipengaruhi keinginan daging dan jatuh ke dalam dosa.

Kalau Anda sulit menahan keinginan jajan, batasi frekuensi wisata kuliner. Sebaliknya, cari teman dengan visi yang sama. Ciptakan komunitas yang sehat. Buat goal yang jelas. Saling mendukung dan mengingatkan agar tetap berada di jalur yang benar. Saling mengapresiasi dan menginspirasi ketika goal-goal tercapai. Tantang satu sama lain untuk meraih goal berikutnya.

Orang akan lebih tertarik mendekati komunitas berisi individu-individu yang sehat dan semangat, ketimbang yang suka mengeluh dan merasa tua.

 

3. Ciptakan kebiasaan sehat

Akan selalu ada menu baru di tempat-tempat kuliner. Akan selalu ada promosi dan diskon menggoda. Tidak perlu merasa tertuntut, apalagi takut dianggap “nggak kekinian” karena belum mencoba semua.

  • Selektif memilih makanan
    Menjalani pola hidup sehat bukan berarti tidak boleh makan di restoran atau teraliensi dari pergaulan. Kita hidup normal, tetapi menjalaninya dengan lebih sadar. Lekas kembali ke rel saat sesekali jatuh dari gerbong. Ketika ada acara dadakan atau tugas di luar yang membuat kita terpaksa mengkonsumsi sembarang makanan, jangan merasa bersalah. Kita ‘bersihkan’ dengan kembali ke pola dan komunitas yang sehat.
  • Berolahraga di mana saja
    Males antre dan berdesak-desakan di lift? Cobalah sesekali naik tangga. Sedikit ngos-ngosan tidak apa, yang penting jantung sehat (tapi pastikan Anda diizinkan berkegiatan demikian oleh dokter, ya). Ketimbang nongkrong di kafe, lebih baik janjian olahraga bareng. Olahraga tidak harus di pagi hari atau berbayar, lho. Pilih alternatif waktu untuk berolahraga yang cocok untuk Anda.

( Bersambung… )

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *