Selasa, 26 Januari 2021

HIDUP SEHAT DAN DIBERKATI TUHAN (2)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Amsal 4:1-27

 

Ayat Hafalan: “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.” Amsal 4:27

 

(Sambungan…)

 

2. Menjaga pikiran dengan berfokus pada kebenaran firman Tuhan

Kita tahu bahwa hal-hal negatif yang masuk ke dalam pikiran secara otomatis akan mempengaruhi pikiran. Saat pikiran terpengaruh, maka dampaknya bisa berimbas kepada kesehatan fisik. Entah itu menyebabkan stres, frustrasi, atau bahkan kanker. Selain itu, kondisi hidup seperti beban masalah juga sangat memungkinkan untuk merusak kesehatan.

 

Hal inilah yang ditekankan dalam Amsal 4:20-23, bahwa dengan berfokus pada firman Tuhanlah kita bisa membentengi pikiran dari pengaruh buruk. Semakin kita banyak membaca dan merenungkan firman Tuhan, semakin kuat pula pagar pikiran kita menangkap serangan dari hal-hal negatif yang merusak. Jadi, Daniel sendiri sudah membuktikan hal ini.

“Hai anakku, perhatikanlah perkataanku, arahkanlah telingamu kepada ucapanku; janganlah semuanya itu menjauh dari matamu, simpanlah itu di lubuk hatimu. Karena itulah yang menjadi kehidupan bagi mereka yang mendapatkannya dan kesembuhan bagi seluruh tubuh mereka. Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.” (Amsal 4:20-23)

 

 3. Rajin berolahraga mendukung kesehatan dari dalam dan luar tubuh

Dalam 1 Timotius 4: 8 dituliskan kalau ‘Latihan fisik itu baik bagi tubuh tapi latihan rohani pun jauh lebih berguna’. Itu artinya meskipun kita harus lebih banyak melatih kerohanian, kita juga butuh latihan fisik.

Mengambil waktu setiap hari dengan banyak bergerak bisa membantu tubuh bergerak aktif. Misalnya berlari, mengangkat beban, melatih pernafasan atau melambung. Setidaknya orang-orang sehat melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari.

 

 4. Sehat bicara soal iman

Imanlah yang membuat kita sehat. Daniel membuktikan bahwa hanya dengan mengkonsumsi sayur-sayuran saja, dia justru jauh lebih gemuk. Tentunya hal itu dibarengi dengan iman atau keyakinannya bahwa kalau Tuhan sendiri yang menyuruhnya melakukan apa yang benar dimata-Nya, maka Dia akan memberkati. Bahkan Tuhan Yesus pun melakukan mujizat kesembuhan hanya dengan mengatakan kepada orang-orang yang disembuhkan-Nya satu pernyataan: “Imanmu sudah menyembuhkanmu”.

“Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.” (1 Korintus 10: 31)

 

Jika anda ingin mengalami kesehatan sejati yang alkitabiah, cobalah melakukan kebiasaan ini setiap hari selama 40 hari. Dan perhatikanlah perubahan yang terjadi atas tubuhmu. Tertantang mulai melakukannya sejak hari ini?

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *