Senin, 27 April 2020

GOD IS LOVE (1)

Ayat Bacaan Hari ini: Roma 5:1-11

Ayat Hafalan : “Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebba Allah adalah kasih.” 1 Yohanes 4:8

Tuhan itu kasih adanya. Dan walaupun banyak orang yang mungkin tidak mengenal Tuhan secara pribadi, mereka umumnya mengetahui bahwa Tuhan adalah kasih (God is love). Namun pada akhirnya, banyak orang yang tidak setuju pada keadilan Tuhan, pada neraka, pada penghukuman,  karena mereka terlalu fokus pada kasih.
Alkitab berkata Tuhan adalah kasih dan adil – karena itu perlu ada disiplin (seperti halnya orang tua yang mengasihi anaknya namun juga mendisiplinkan anaknya).

Orang-orang Kristen, perlu benar-benar mengerti kasih Tuhan; karena kasih Tuhan inilah yang akan mempengaruhi kehidupan kita.

Baca Roma 5:6-10
Kita tidak akan bisa menyambut dan menghargai kasih Tuhan kalau kita tidak menyadari siapa kita, betapa bobroknya kita. Mungkin banyak dari kita yang berpikir bahwa kita orang yang baik (saya bukan pencuri, pembunuh, tidak mabuk-mabukan, dan lain sebagainya). Pada saat kita berpikir diri kita seperti itu, maka kita tidak akan pernah bisa menyambut kasihNya dengan benar!

4 Hakekat Manusia menurut Roma 5

[1] Orang lemah [Roma 5:6]
Lemah – Asthenes (bahasa Yunani) dari kata sthenoo (yang artinya kuat). Asthenes berarti weak (ESV), powerless (NIV), helpless (NASB), infirm, feeble, impotent.
Satu hakekat manusia yaitu ketidak mampuan untuk mengubah dirinya saat jatuh dalam dosa (susah berhenti merokok, pornografi, kebencian pada orang lain, dan sebagainya)

[2] Orang durhaka [Roma 5:7]
Asebes (dari sebomai – to revere, to worship). Berarti ingin melawan, tidak mau worship (destitute of reverential awe towards God, condemning God).
Hal-hal yang dilakukan yang tidak perduli lagi

[3] Orang berdosa [Roma 5:8]
Hamartolos – dari kata Hamartano, to miss the mark, sinner.
Ada 2 bukti manusia berdosa:
– Adanya kematian di seluruh dunia (menunjukkan dosa ada di dunia)
– Setiap dari kita berdosa pada hakekatnya (dari Roma 1)

[4] Seteru/musuh Tuhan [Roma 5:10]
Echthros – enemy, seteru, musuh. Apa yang membuat Allah bisa mengasihi kita? Tidak ada. Kita bukan orang yang baik, kita bukan orang yang selalu menyenangkan Tuhan, dan layak untuk dikasihi.

Kesimpulan: Mengapa orang seperti kita masih mau dikasihi oleh Tuhan? Mari renungkan Firman Tuhan ini!!

(bersambung ke bagian 2…)

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *