Jumat, 01 Oktober 2021

FORGIVENESS (1)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Yoel 2:1-32

 

Ayat Hafalan: Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan habis oleh belalang pindahan, belalang pelompat, belalang pelahap dan belalang pengerip, tentara-Ku yang besar yang Kukirim ke antara kamu. Yoel 2:25

 

Jemaat Imamat Rajani, selamat datang di bulan Oktober 2021. Di bulan ini, kita akan bersama-sama belajar tentang forgiveness is the foundation of revival atau pengampunan adalah pondasi dari sebuah kebangkitan. Banyak orang Kristen yang ingin mengalami revival dalam hidupnya, tetapi mereka tidak mau mengampuni. Biar di bulan ini, kita bersama-sama belajar untuk mengampuni. Mari bersama kita membuka hati agar Firman Tuhan yang ditabur didalam renungan-renungan sepanjang bulan Oktober ini tidak kembali dengan sia-sia, tetapi akan bertumbuh dan menjadikan setiap kita umat yang lebih dari pemenang.

 

Kita semua memiliki masa lalu — suatu ruang penyimpanan atas ingatan-ingatan yang baik dan buruk yang masih dapat memengaruhi cara hidup kita sekarang. Sekarang, tidak peduli apa yang pernah terjadi pada Anda di masa lalu, tujuan Allah adalah untuk membawa Anda ke dalam suatu kondisi kehidupan, baik sekarang maupun di masa yang akan datang bersama Dia, yang tidak lagi dipengaruhi oleh kejadian buruk di masa lalu. Dalam Firman-Nya, Allah berjanji akan memulihkan kepenuhan-Nya dalam hidup kita. Yoel 2:25 berkata, “Aku akan memulihkan, tahun-tahun yang hasilnya dimakan belalang pindahan, belalang pelompat, belalang pelahap, dan belalang pengerip, yaitu tentara-Ku yang besar yang Kukirimkan ke antara kamu.”

 

Mengapa ayat ini menuliskan keempat serangga ini secara khusus?

Jika kita mengambil keempat jenis serangga ini dan melepaskan mereka pada sebuah tanaman, keempatnya akan bekerja sama memakan dedaunan, cabang-cabang, batang utama, dan akhirnya akar. Sekarang apa yang tertinggal? Tidak ada sama sekali. Tanaman itu akan mati. Tetapi Allah berkata bahwa Dia akan memulihkan tahun-tahun Anda yang telah hilang dan yang telah dimakan habis — tidak peduli apa yang pernah terjadi pada Anda! Bahkan jika Anda merasa bahwa Anda telah hancur seluruhnya. Allah ingin memulihkan Anda!

Luka yang dalam berasal dari orang lain, dan luka yang dalam tidak dapat disembuhkan kecuali melalui proses pengampunan. Bagaimana terbebas dari semua masalah serta luka masa lalu dan juga untuk bebas dari semua akibat-akibatnya yang terus mengganggu? Kita harus mengampuni. Ini adalah mutlak, dan Allah tidak akan mengubah pendirian-Nya terhadap hal ini.

 

Matius 5:1-2 berkata, “Ketika melihat orang banyak itu, Yesus naik ke atas bukit. Dan, setelah Dia duduk, murid-murid-Nya datang kepada-Nya. Dan, Dia membuka mulut-Nya dan mengajar mereka, kata-Nya,” Kepada siapakah Yesus menyampaikan pesan penting ini? Kepada murid-murid-Nya! Ayat ini ditujukan kepada orang-orang percaya — kepada orang-orang yang mengenal Yesus! Ini bukanlah suatu pernyataan untuk orang-orang yang belum diselamatkan. Kita perlu mengetahui kenyataan ini untuk dapat mengerti Matius 6:14, “Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.”

 

Janji yang sangat indah! Jika kita mengampuni, Allah juga akan mengampuni kita. Tetapi kemudian diikuti oleh ayat 15, “Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.” Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda ingin diampuni oleh Allah? Mungkin Anda telah melakukan kesalahan — melakukan hal-hal yang salah dan kadangkala tingkah laku Anda bukanlah apa yang diinginkan oleh Allah untuk Anda lakukan. Anda ingin menerima pengampunan dalam hidup Anda, tetapi Allah menyatakan bahwa jika Anda tidak mengampuni, maka Anda akan terikat pada akibat-akibat dari dosa Anda. Tentu saja Anda tidak menginginkan hal itu! Bagi Allah pengampunan adalah masalah yang besar!

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *