Jumat, 24 April 2020

BUKTI CINTA TUHAN YESUS (5)

Ayat Bacaan Hari ini: 2 Korintus 5:11-21

Ayat Hafalan: “Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami.” 2 Korintus 5:19

 

(…sambungan)

Ketika Yesus Kristus berkata, “Sudah selesai,” di atas kayu salib, Ia benar-benar mengatakannya dengan kelegaan yang sempurna. Sesudah mengatakan demikian Ia menyerahkan nyawanya kepada Allah. Tuhan YESUS tahu bahwa Dia telah menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang diberikan Bapa di surga kepada-Nya. Pekerjaan-pekerjaan apakah itu?

  1. Yesus Kristus mengalahkan kuasa Iblis

    Pada saat Yesus Kristus di atas kayu salib, Ia menderita penderitaan yang luar biasa. Sangatlah mudah bagi Kristus membatalkan semua penderitaan itu dan membiarkan manusia binasa. Tetapi Kristus tidak melakukannya, sebaliknya Ia memberikan perjuangan sekuat tenaga karena Ia tidak ingin Iblis menang dan manusia binasa. Iblis adalah musuh Allah yang harus dikalahkan. Dengan kerelaan penuh Kristus bertahan di atas kayu salib menanggung penderitaan hingga akhir hidupnya. Itu sebabnya ketika Yesus Kristus berkata, “Sudah selesai” dan kemudian menyerahkan roh-Nya kepada Allah Bapa, tirai besar yang memisahkan ruangan suci dan ruangan mahasuci menjadi robek. Tirai itu menjadi lambang bahwa pintu surga yang dulu tertutup, sekarang menjadi terbuka bagi manusia dan kuasa Iblis tidak lagi sanggup menahan pintu surga tertutup.

    5. Yesus Kristus memberikan keteladanan yang luar biasa.

    Kedatangan Yesus Kristus ke dalam dunia untuk menebus manusia adalah adalah janji yang Allah berikan bagi kaum pilihan. Namun, tanpa ketaatan Kristus sampai akhir, dengan mengalami penderitaan dan pengaliran darah, tidak mungkin Kabar Baik itu menjadi kemenangan yang nyata; tidak akan ada contoh bagi kaum pilihan untuk mampu bertahan hingga akhir. Puji Tuhan, karena sampai akhir hidupnya, bahkan sebelum kematian-Nya di kayu salib, Yesus Kristus telah mencapai kemenangan dengan teriakan, “Sudah selesai.” Sekarang, kaum pilihan tahu dengan pasti bahwa Kristus telah menyelesaikan kemenangan bagi mereka.

Kristus datang ke dunia untuk melakukan apa yang telah diperintahkan Allah Bapa kepada-Nya. Ia taat hingga akhir, bahkan ketika mengalami penderitaan yang luar biasa di atas kayu salib. Ketika Ia mengatakan “Sudah selesai,” Ia mengatakan arti yang sesungguhnya bahwa pekerjaan-Nya sudah selesai dan tidak ada lagi yang perlu dilakukan oleh siapapun. Hanya Dialah yang sanggup dan hanya Dialah yang diharapkan Allah untuk menyelesaikan pekerjaan penebusan manusia. Dan Ia telah melakukannya dengan sempurna!

Kesimpulan: Jangan goyah, semuanya “sudah selesai”

 

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *