Senin, 20 April 2020

BUKTI CINTA TUHAN YESUS (1)

Ayat Bacaan Hari ini: Yohanes 19:28-30

Ayat Hafalan: “Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: “Sudah selesai.” Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya”. (Yohanes 19:30)

 

Kita tahu bahwa kata-kata terakhir dari seseorang sebelum mereka menutup mata adalah kata-kata terpenting dalam kehidupan seseorang. Biasanya, seluruh keluarga dikumpulkan untuk mendengarkan beberapa patah kata terakhir dari orang yang akan meninggal. Dua kata di atas “SUDAH SELESAI” merupakan dua kata terakhir yang Tuhan YESUS ucapkan sebelum DIA menyerahkan nyawaNYA di atas kayu salib.

Kata-kata ini tidak terdapat di ketiga kitab Injil lainnya (Matius, Markus, dan Lukas), karena pada saat kejadian Tuhan YESUS mengatakan hal ini, mereka tidak ada di sana, mereka melarikan diri. Hanya Yohanes, satu-satunya murid Yesus, yang berada di tempat kejadian, menyaksikan sepenuhnya penderitaan yang dialami Tuhan YESUS. Kedua kata ini memiliki makna yang sangat dalam di dalam kehidupan ke-Kristenan. Jika kita tidak memahami arti dari perkataan YESUS yang satu ini, mungkin sekalipun kita sudah menjadi orang Kristen sejak lama, kita bisa kehilangan bagian terpenting dari kehidupan ke-Kristenan, yaitu pengorbanan YESUS di atas kayu salib.

Kata “Sudah Selesai” ini ditulis dalam bahasa Yunani “tetelestai”, beberapa orang menulis “teleios”, atau dalam bahasa Ibrani “Kaw-Lah”. Artinya sudah selesai, sudah sempurna, semuanya sudah sesuai yang direncanakan, semua sudah sesuai dengan yang diinginkan, dan semuanya sudah diterima.

Banyak orang Kristen berpikir, bahwa Tuhan YESUS hanya menyelesaikan sebagian atau sebagian besar apa yang diinginkan Bapa di Surga. Tapi, bukan itu yang dikatakan oleh ALKITAB. ALKITAB mengatakan Tuhan YESUS sudah menyelesaikan semua yang diinginkan dan direncanakan Bapa. Dan Yesus menyelesaikannya dengan sempurna, tanpa kekurangan sesuatu apa pun.

Saudaraku, apakah anda tahu betapa pentingnya fakta ini? Ini merupakan fakta yang seringkali dilewatkan begitu saja orang Kristen dan gereja pada umumnya. Kebanyakan orang mengatakan bahwa masih ada hal-hal yang belum diselesaikan oleh YESUS. Pekerjaan YESUS belum tuntas. Itu yang menyebabkan begitu banyak orang Kristen mencoba melakukan sesuatu untuk menyelesaikan pekerjaan yang mereka pikir belum diselesaikan oleh YESUS.

Biar melalui renungan hari ini, kita menyadari bahwa sebenarnya diatas kayu salib, SEMUA YANG MENJADI MASALAH, PENYAKIT, BEBAN BERAT dalam hidup kita diselesaikan dengan sempurna oleh Tuhan YESUS. Sehingga genaplah apa yang dikatakan didalam kitab Roma 8 ayat 37, bahwa kita yang percaya kepada Tuhan Yesus adalah umat yang LEBIH DARI PEMENANG.

 

Kesimpulan: Jangan takut, semuanya “sudah selesai”

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *