Senin, 07 September 2020

BERJALAN DENGAN IMAN (1)

Ayat Bacaan Hari ini: 1 Petrus 1:3-12

Ayat Hafalan: Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu–yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api–sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya. 1 Petrus 1:7

Ketika sesuatu hal yang mustahil menghampiri Anda, tetaplah berjalan walau Anda tidak melihat. Itulah iman. Lalu bagaimana Anda tetap mempertahankan kualitas iman? Setiap orang memiliki kualitas iman yang berbeda-beda. Maka dari itu Anda membutuhkan solusi untuk memperoleh kualitas iman yang baik. Kualitas iman menghasilkan apa yang Anda peroleh.

Berikut ini adalah 4 kualitas iman yang perlu Anda ketahui :

1. Iman Anda bisa lemah atau kuat. ( Roma 4:19-20 )

Kualitas iman yang pertama ini terkadang dimiliki orang-orang yang sudah lahir baru dan mengenal Allah secara pribadi. Namun, ketika ketika orang itu mendapat sebuah persoalan yang luar biasa, iman itu bisa redup dan bahkan mati. Namun, Tuhan memberikan Abraham dan Sara untuk menjadi teladan bagi setiap orang percaya bahwa Anda harus memiliki iman yang kuat.

 2. Iman yang teruji dan tidak teruji ( 1 Petrus 1:7 )

Kualitas iman yang kedua adalah iman yang dimiliki orang –orang yang memang diuji oleh Tuhan. Contohnya saja Ayub. Ayub adalah salah satu tokoh alkitab yang memang imannya sudah teruji. Allah sudah tidak meragukan kepercayaan Ayub kepadaNya. Marilah menjadi Ayub-ayub masa kini.

3. Iman kecil atau besar ( Matius 8:10-12 )
Kualitas iman yang ketiga adalah iman kecil atau besar. Mungkin beberapa dari Anda memiliki kualitas iman yang ketiga ini. Bukan berarti ketika Anda sudah mengikut Tuhan, Anda memiliki iman yang besar. Iman bukan timbul ketika Anda melayani di gereja, makan semeja dengan seorang pendeta, ataupun menjadi istri seorang pendeta. Namun, iman timbul dari pendengaran akan firman Tuhan. Siapapun Anda, Anda bisa memiliki iman yang besar.

4. Kekurangan iman/Berlimpah dalam iman ( 1 Tesalonika 3:10 )

Kualitas iman yang terakhir adalah kekurangan iman atau berlimpah dalam iman. Setelah Anda memiliki iman, Anda perlu mengasah dan menambahkannya. Dengan cara apa? Dengan menambahkannya melalui Doa dan firman Tuhan. Banyak orang yang memiliki kualitas iman seperti ini. Kekurangan iman disebabkan karena kurangnya pengenalan akan Tuhan.

Yang terpenting dalam kualitas iman adalah menerapkannya dalam tindakan. Jika iman tidak disertai dengan perbuatan, Anda tidak akan bisa melihat hasil dari iman, yaitu kemurahan Tuhan.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *