Jumat, 12 Maret 2021

BERJALAN BERSAMA TUHAN (5)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Kejadian 6:9-22

 

Ayat Hafakan: Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah. Kejadian 6:9

 

Kejadian 6:9 diterjemahkan oleh LAI “hidup bergaul dengan Allah”. Terjemahan yang asli sebenarnya adalah “berjalan”, di dalam alkitab “hidup” itu dipakai kata “berjalan”, bukan “bergaul”. Kenapa begitu? Karena Alkitab memahami kehidupan sebagai satu perjalanan, konsep waktu yang bersifat linear. Berjalan bersama Tuhan ini yang akan kita pelajari dari kehidupan Nuh.

 

Berjalan bersama Tuhan adalah berjalan di dalam kesendirian di tengah zaman yang melawan Tuhan. Gambaran mengenai dosa pada zaman Nuh digambarkan dengan begitu luar biasa dalam ayat 5, 6 dalam bagian ini dipakai dua istilah, selalu dan semata-mata, ini bukan terjemahan, memang aslinya seperti itu. Kecenderungan hatinya selalu dan semata-mata membuahkan kejahatan. Dalam Amsal 4 dikatakan hati adalah pusat dari kehidupan manusia, dari hatilah terpancar seluruh kehidupan, kalau kecenderungan hati sudah kejahatan semata-mata, berarti hidup dalam zaman Nuh begitu rusak. Dalam ayat 11-12 istilah rusak itu muncul tiga kali, sampai Tuhan begitu kecewa dan Tuhan menggambarkan kekecewaan itu di dalam istilah menyesal. Samuel berkata kepada Saul, Tuhan bukanlah manusia yang bisa menyesal, tetapi kalau sampai dipakai istilah menyesal, berarti itu dukacita yang begitu mendalam.

 

Di dalam bagian-bagian yang kita baca ini Nuh digambarkan sebagai sosok yang sendiri, dalam Kej.7:1 dikatakan, … sebab engkaulah yang Kulihat benar dihadapanKu diantara orang zaman ini, berjalan sendiri di tengah-tengah orang yang se-zaman, yang melawan Tuhan. Kita lihat Lukas 17:26-28, ada perbedaan gambaran yang digambarkan oleh Tuhan Yesus di dalam kehidupan zaman Nuh dan zaman Lot. Di dalam zaman Nuh digambarkan hanya dua aktivitas yaitu food and sex, di dalam zaman Lot digambarkan empat aktivitas, makanan, berdagang, agribisnis dan konstruksi, apa maksudnya? Di dalam zaman Nuh hanya dua food and sex, seperti binatang, hanya makanan dan seks, di dalam zaman Lot ada makanan, berdagang, agribisnis dan konstruksi, kenapa Tuhan Yesus di dalam zaman Nuh tidak melihat ada berdagang, agribisnis dan konstruksi? Di sini kita melihat Tuhan Yesus menganggap bahwa di dalam zaman Nuh itu adalah the end of civilization, berhentinya peradaban. Kalau manusia sudah hidup di drive oleh food and sex, seperti binatang, maka di situ peradaban sudah berhenti.

 

Zaman Lot adalah zaman yang begitu rusak, sampai Tuhan memusnahkan Sodom dan Gomora, tetapi zaman Lot di sini digambarkan lebih baik dari pada zaman Nuh. Maka kita baru mengerti kenapa zaman Nuh semua dimusnahkan kecuali keluarga itu. Seluruh Sodom dan Gomora dimusnahkan kecuali keluarga itu, tetapi hanya Sodom dan Gomora, pada zaman Nuh, seluruh zaman dimusnahkan kecuali dari keluarga Nuh, kita melihat di sini Tuhan Yesus menggambarkan dengan luar biasa. Pada zaman Nuh itu adalah the end of civilization, berhentinya peradaban, manusia sudah hidup dengan begitu menakutkan, tidak heran, Tuhan tidak memberikan kesempatan manusia hidup lagi. Inilah zaman yang dihadapi oleh Nuh, Nuh berjalan sendiri menghadapi zaman yang begitu melawan Tuhan, kalau Nuh berdiri sendiri, dengan keluarganya menghadapi zaman, maka kita harus berpikir, Nuh adalah orang kristen, orang percaya yang sulit di dalam hidupnya. Nuh bergumul sendiri di dalam zaman itu, berjalan sendiri dengan keluarganya, kesendirian berjalan bersama Tuhan itu adalah berjalan di dalam kesendirian zaman. Hal itu tidak mudah. Pergumulan Nuh adalah representasi pergumulan saudara dan saya, orang kristen, di dalam perjalanan kita bersama Tuhan kita bergumul sendiri.

 

Dalam alkitab, orang-orang yang  menghadapi zaman itu reaksinya berbeda-beda, Lot menghadapi zaman, dia kompromi, Elia menghadapi zaman, dia melarikan diri, Nuh menghadapi zaman, dia berdiri ditempatnya bersama dengan Tuhan. Kita mau menempuh jalan Elia, Lot atau Nuh?

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *