Sabtu, 09 Mei 2020

BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN (1)

Ayat Bacaan Hari ini:  1 Korintus 6:12-20

“Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.” 1 Korintus 6:12

Firman Tuhan adalah pedoman hidup orang percaya, karena “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.” (2 Timotius 3:16). Semakin kita mempelajari firman Tuhan dan merenungkannya semakin kita mengerti isi hati Tuhan, kehendakNya, rencanaNya dan juga janji-janjiNya sehingga pancaindera kita pun makin  “…terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.”(Ibrani 5:14), karena di dalamnya tertulis hal-hal yang harus kita lakukan dan juga yang tidak seharusnya kita perbuat.  Contoh yang tidak boleh dilakukan:  saling memfitnah, berzinah, membunuh, mencuri, menghakimi orang lain, berkata dusta dan sebagainya.

Seiring dengan perkembangan zaman, akhir-akhir ini timbul pertanyaan bahkan perdebatan di antara orang percaya tentang hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan anak-anak Tuhan tetapi tidak tercantum di dalam Alkitab.  Salah satunya adalah tentang kebiasaan merokok.  Memang, kita tidak akan menemukan ayat di dalam firman Tuhan yang melarang orang Kristen untuk merokok.  Boleh jadi pada masa di mana Alkitab ditulis, manusia belum mengenal ‘rokok’.  Namun mari kita perhatikan dengan seksama apa yang disampaikan oleh rasul Paulus di hadapan jemaat di Korintus,  “Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.”  (ayat nas).

Berkenaan dengan merokok ini, maka kita patut bertanya:  apakah kegunaan dari rokok?  Ahli kesehatan telah membuktikan bahwa merokok sangat membahayakan kesehatan seseorang, bahkan bagi perokok pasif sekalipun.  Produsen rokok pun telah memperingatkan pada bungkus rokok tentang bahaya merokok.  Jadi tidak ada alasan kita tidak tahu akan hal itu.

Adapun bahaya merokok antara lain adalah:  dapat menyebabkan kanker, gangguan pada pernafasan, serangan jantung, impotensi, gangguan pada kehamilan dan janin, dan sebagainya.

 

Kesimpulan: Jadi sudah sangat jelas merokok adalah tindakan merusak tubuh sendiri, padahal tubuh kita ini adalah bait Tuhan.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *