Rabu, 25 November 2020

BAGI TUHAN TAK ADA YANG MUSTAHIL (3)

 

Ayat Bacaan hari ini: Yohanes 5:1-15

 

Ayat Hafalan: “Kata Yesus kepadanya: “Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah.” Yohanes 5:8

 

Ada seorang lelaki yang karena kesalahannya, dia dipenjara untuk beberapa waktu lamanya. Setelah beberapa bulan didalam penjara, dia mulai mengalami depresi. Istrinya telat berkunjung, anaknya sudah melupakannya, sahabatnya mengabaikannya, semua menjadi hal-hal yang sangat menjengkelkan.

Lelaki itu merasa sendirian, bahkan lebih dari itu: dia merasa tidak berharga! Bukan hanya itu, dia merasa sangat miskin. Bahkan odol untuk menyikat giginya pun dia tidak punya. Berdoa untuk sebuah kesembuhan, atau minta dibukakan jalan keluar dari masalahpun adalah sesuatu yang wajar. Tetapi berdoa minta odol kepada Sang Pencipta alam semesta, tentunya tidak pernah lelaki ini lakukan seumur hidupnya. Sesuatu yang sepele dan mungkin tidak pada tempatnya.

 

Tapi dengan tekad bulat dan hati yang dikuatkan dari rasa malu, lelaki itu mengucapkan doa yang ia sendiri anggap itu gila.

Ia berbisik : “TUHAN, Kau mengetahuinya, aku sangat membutuhkan odol”.

Tengah malam, ia terjaga oleh kehadiran seorang lelaki gemuk dengan buntalan tas, dipaksa petugas masuk ke selnya. Dia tidak ambil pusing, karena mengira lelaki gemuk itu adalah penghuni baru di penjara, lalu melanjutkan kembali tidurnya.

 

Pagi harinya, lelaki penghuni penjara itu terbangun dan menemukan dirinya berada sendirian dalam sel penjara. “Lho mana Si Gemuk”, pikirnya. “Apa tadi malam aku bemimpi?”

“Dia bilang itu buat kamu !!”, kata petugas sambil menunjuk ke buntalan tas dipojok ruangan. Dia sudah kami bebaskan, dini hari tadi… biasa salah tangkap !”, kata petugas itu, “dan tas dengan segala isinya itu buat kamu”.

 

Lelaki itu menghampiri tas dan membukanya. Tiba-tiba saja lututnya terasa lemas. Tak sanggup ia berdiri.

“Ya..TUHAAANNN!!!!”, ia tersungkur, gemetar dan wajah basah oleh air mata.

Disampingnya tergeletak tas yang isinya lima kotak odol, sebuah sikat gigi baru, dua buah sabun mandi, tiga botol sampo, dan beberapa helai pakaian sehari-hari.

 

Kisah tersebut adalah kisah nyata.

 

Suatu ketika, saat kita merasa jalan di hadapan kita seolah terputus. Sementara harapan diganti deru ketakutan, kebimbangan dan putus asa. Ada baiknya kita mengingat sungguh-sungguh, bahkan odolpun akan dikirimkan oleh Nya bagi siapapun yang membutuhkannya.

 

“Seandainya saja engkau mengetahui betapa dirimu dicintai-NYA, hatimu akan bersuka setiap saat”

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *