Minggu, 25 Oktober 2020

ANAK MUDA YANG BERKARAKTER KRISTUS

 

Ayat Bacaan hari ini: 1 Timotius 4:1-16

 

Ayat Hafalan: 1 Timotius 4:12

 

A nak-anak muda harus menjadi teladan bagi orang-orang percaya. Anak muda bukan harus mencari teladan, tetapi anak muda harus menjadi teladan. Anak muda didalam Tuhan harus menjadi teladan dalam perkataan, tingkah laku, kasih, kesetiaan, dan dalam kesuciannya.

 

1. Menjadi teladan dalam perkataan

Kita harus memperhatikan kembali apa yang kita katakan: Apa yang kita ucapkan? Apakah lebih banyak hal positif atau negatif? Apakah kita masih banyak mengeluh?

Untuk menjadi teladan dalam perkataan, jangan biarkan kita dikuasai oleh keadaan, jangan biarkan perkataan kita bergantung pada keadaan yang kita hadapi. Seperti Paulus yang tetap bersukacita sekalipun berada di dalam penjara, kita pun jangan sampai dikuasai oleh keadaan dan justru harus menang atas keadaan: jangan pernah mengeluh dalam masalah dan tetap mengucap syukur.

 

2. Menjadi teladan dalam tingkah laku

Jangan pernah menyerah dan kecewa dalam menghadapi keadaan dan masalah yang kita hadapi saat ini, tetap setia bersama Tuhan Yesus, tetap berjalan bersama Tuhan Yesus dan jangan pernah mundur dalam menghadapi masalah.

 

3. Menjadi teladan dalam kasih

Kasih itu memberi bukan meminta, melayani dan bukan berharap dilayani. Kasih tidak menuntut balas.

 

4. Menjadi teladan dalam kesetiaan

Tetap setia dalam keadaan tidak enak sekalipun. Tetap setia untuk tidak mengasihani diri dalam keadaan apapun dan tetap hidup sesuai dengan apa yang Tuhan Yesus inginkan. Terkadang Tuhan Yesus ingin menguji dan melihat kesetiaan kita dengan cara melihat bagaimana respons hati kita dalam keadaan tidak enak. Tuhan Yesus mau kita tetap setia di dalam Dia.

 

5. Menjadi teladan dalam kesuciaan

Jangan pernah meninggalkan komitmen untuk hidup dalam kebenaran kesuciaan kita. Tetap hidup menurut kebenaran dan jaga kekudusan hidup kita.

Jika kita menjadi teladan, maka kita akan mempunyi karakter yang baik. Karakter kita akan diuji dan akan diperbaiki terus menerus hingga maksimal dan selalu melakukan yang terbaik.

 

 

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *