Apakah Anda orang Kristen yang memiliki kebiasaan buruk dalam aktivitas ibadah gereja? Kalau iya, Anda harus menyimak dan merenungkan berikut ini. Saya sengaja menulis untuk anda, dengan satu harapan bahwa kebiasaan buruk Anda berganti menjadi kebiasaan baik.

Gereja adalah tempat orang-orang berdosa yang merindukan pemulihan terjadi dalam hidupnya. Mereka mengalami kelepasan, kesembuhan, dan pemulihan, sewaktu mengikuti ibadah dengan sungguh-sungguh. Pertanyaan bagi kita sekarang, mengapa ada banyak orang kristen, yang tidak mengalami pemulihan dalam kehidupan mereka, sekalipun mereka sudah mengikuti ibadah di gereja?

Jawaban dari pertanyaan diatas, sangat erat kaitannya dengan sikap dan kebiasaan orang-orang kristen, saat beribadah didalam gereja. Orang kristen yang mengaku berdosa dan ingin mendapatkan pemulihan, justru sering kali melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan pada saat beribadah di gereja. Tanpa disadari, hal-hal sepele inilah yang membuat kuasa ibadah tidak bekerja secara sempurna didalam hidup mereka.

Fakta mencatat, ada 7 kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh orang Kristen di gereja

1. Terlambat datang atau Pulang lebih cepat.
Ketepatan waktu datang beribadah menjadi menjadi masalah banyak gereja. Yang paling ironis adalah, ada orang Kristen yang datang beribadah terlambat, lalu pulang lebih dahulu sebelum ibadah selesai. Beberapa perkara dijadikan alasan sebagai pembenaran keter- lambatan mereka, antara lain: sibuk memasak, jaga toko, memandikan anak-anak, macet, telat bangun, dll. Bahkan ada yang sengaja terlambat dengan alasan, telat sedikit itu sudah biasa di dalam ibadah. Coba bandingkan dengan urusan kantor atau pergi ke sekolah, semua pasti merasa enggan untuk datang terlambat. Mereka mau berkorban untuk bangun sepagi mungkin, rela untuk tidak sarapan, bahkan ngebut di jalanan, karena takut dimarahi jika datang terlambat. Padahal bila kita merasa Tuhan terlambat menjawab doa kita,  dengan pintarnya kita menuntut Tuhan dengan kata-kata yang mungkin menyakitkan hati Tuhan. Mengapa kita lebih memilih untuk takut kepada manusia, daripada takut kepada Tuhan?

2. Ngobrol sewaktu ibadah.
Tidak ada yang melarang orang kristen untuk mengobrol, tertawa, atau bisik-bisik di dalam gereja, asalkan itu semua dilakukan sebelum dan sesudah ibadah. Banyak orang Kristen yang sangat rajin berbicara dengan teman sebelahnya saat ibadah berlangsung.  Entah apa yang sedang dibicarakan, hanya mereka yang tahu.  Mengobrol saat ibadah berlangsung, bukan saja tidak baik dilakukan, tetapi juga tidak menghargai jam ibadah sebagai milik Tuhan. Bila orang Kristen tidak bertobat dari kebiasaan ini, maka mereka tidak akan pernah bertumbuh dalam iman dan mengalami pemulihan dalam hidup mereka. bersambung…