Rabu, 18 November 2020

MASALAH ADALAH BERKAT (3)

 

Ayat Bacaan hari ini: Keluaran 17:8-16

 

Ayat Hafalan: Ia berkata: “Tangan di atas panji-panji TUHAN! TUHAN berperang melawan Amalek turun-temurun.” Keluaran 17:16

 

( Sambungan… )

 

3. Tidak maksimal dalam melaksanakan rencana kita

 

Keluaran 17:10-13

 

Seringkali setelah kita merencanakan, kita kurang sungguh-sungguh dalam mengeksekusi rencana kita. Itu yang membuat masalah tidak terselesaikan.

 

Kita lihat contoh Musa di puncak bukit ketika Ia mengangkat tangannya, maka kuatlah bangsa Israel tetapi apabila Ia menurunkan tangannya, lebih kuatlah Amalek.

 

Sering kita lupa dan menurunkan tangan seperti Musa kita tidak maksimal dalam melaksanakan rencana kita. Itu yang menjadikan masalah kita juga tak terselesaikan. Kita harus fokus dan disiplin dalam melaksanakan rencana tersebut.

 

Musa tahu jika dia sendirian dia tidak akan kuat untuk mengangkat tangannya sehingga dia membawa Harun dan Hur sehingga rencananya akan berjalan maksimal dengan Harun dan Hur yang menopang kedua belah tangannya sehingga tangannya tidak bergerak sampai matahari terbenam.

 

4. Hidup kudus dan benar, jangan khianati Tuhan

 

Untuk menyelesaikan masalah kita harus hidup kudus dan benar. Musa adalah contoh hamba Tuhan yang hidupnya benar dan kudus dihadapan Tuhan sehingga Tuhan berkenan dan menyelesaikan setiap permasalahan yang ia hadapi.

 

Jika kita melakukan 4 hal diatas niscaya Tuhan pasti akan membuat masalah yang kita hadapi menjadi berkat. Tuhan bisa saja menurunkan berkat sekarang juga. Tetapi ketika kita menerima berkat tersebut apakah kita akan mensyukurinya dengan sepenuh hati. Kita pasti akan menyepelekan berkat tersebut. Maka Tuhan melihat proses dimana masalah mendewasakan kita dan kita pun akan menjadi berkat untuk orang-orang disekitar kita lewat kesaksian kita.

 

Ingatlah waktu Tuhan bukan waktu kita, tetap setia pada Tuhan dalam menunggu waktu Tuhan mengubah masalah menjadi berkat dalam hidup kita. 

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *