Sabtu, 24 Oktober 2020

KARAKTER KRISTUS (13)

 

Ayat Bacaan hari ini: Efesus 5:1-33

 

Ayat Hafalan: Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,” Efesus 5:15

 

(Sambungan…)

Karakter umumnya dibentuk oleh tiga hal:

  1. Keturunan: Gen bawaan yang berasal dari orang tua.
  2. Lingkungan dan tradisi: Lingkungan tempat tinggal membawa pengaruh dalam pembentukan karakter.
  3. Kebiasaan: Sesuatu yang terus menerus dilakukan dan telah menjadi keyakinan.

Orang Kristen yang mengejar karakter Kristus dalam hidupnya mempunyai dua privilege tambahan dalam proses pembentukan karakter:

 

 1. Firman Allah

Firman Allah mempunyai kuasa untuk mengubah hidup kita seperti taburan benih yang akan terus bertumbuh, Firman Allah tidak akan pernah sia-sia. Kerinduan untuk mempunyai karakter seperti Kristus harus diimbangi dengan asupan Firman Allah yang cukup. Firman Allah merupakan kartu VIP yang diberikan Tuhan Yesus kepada kita untuk membentuk karakter kita, karena Firman-lah yang sanggup berbicara, membentuk, dan sanggup mengubah karakter kita. Karena itu kita harus memakai Firman tersebut dalam hidup kita untuk mengubah hidup kita, karena Firman mempunyai kuasa untuk mengubah hidup kita.

 

 2. Kepercayaan

Ketika kita percaya dengan sungguh-sungguh bahwa Tuhan Yesus adalah satu-satunya jalan untuk menuju hidup yang kekal, maka cara hidup kita akan berbeda dan menghasilkan karakter yang berbeda. Jangan menahan totalitas dalan mengikut Yesus, dan jangan pernah menukar Dia apapun di dunia ini. Carilah Tuhan Yesus dengan segenap hati sehingga bisa mengenal dan percaya bahwa Tuhan Yesus-lah satu-satunya jalan kebenaran dan hidup.

 

Efesus 5:15-17 “Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.

 

Pergunanakanlah setiap kesempatan yang Tuhan Yesus beri dan usahakanlah supaya setiap kita mengerti kehendak Tuhan Yesus. Kita harus memperhatikan: apakah hidup kita sudah lebih baik dari bulan lalu? apakah pengenalan kita akan Tuhan Yesus lebih baik dari waktu lalu?

 

Pastikan bahwa semakin hari kita semakin baik di dalam Tuhan dengan cara mengusahakan membuat keputusan yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Jangan pernah ragu dalam membuat keputusan untuk menolak yang buruk, kita harus berani menolak dan meninggalkan keinginan yang buruk agar kita menjadi semakin disiplin dalam pembentukan karakter yang lebih baik.

 

Karakter yang kokoh dibentuk berdasarkan pengalaman dan dedikasi. Pengalaman artinya selalu belajar agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, dedikasi berarti disiplin untuk terus melakukan hal-hal yang benar. Pertahankan disiplin dan komitmen kita untuk terus melakukan hal yang benar dan jangan pernah mundur.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *