Sabtu, 25 Januari 2020

GOSYEN TEMPAT TERBAIK UNTUK BERKORBAN BAGI TUHAN

Ayat Bacaan Hari ini: Kejadian 46:1-34

Ayat Hafalan: “‘Hamba-hambamu ini pemelihara ternak, sejak dari kecil sampai sekarang, baik kami maupun nenek moyang kami–dengan maksud supaya kamu boleh diam di tanah Gosyen.’ –Sebab segala gembala kambing domba adalah suatu kekejian bagi orang Mesir.” Kejadian 46:34

 

Alasan lain mengapa orang-orang Israel ditempatkan di Gosyen adalah karena pekerjaan mereka penggembala kambing domba. Bagi orang Mesir menggembalakan domba adalah pekerjaan rendahan dan suatu kekejian (ayat nas). Ini berbicara tentang fungsi hidup orang percaya! Dalam 1 Petrus 2:9 dinyatakan bahwa Tuhan memanggil orang percaya dengan tujuan “…supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:” Bagi orang dunia berlaku curang, tidak jujur, tipu sana sini dalam dunia pekerjaan atau bisnis adalah hal yang sudah biasa dilakukan atau lumrah. Tetapi orang percaya justru dipanggil untuk bisa menjadi berkat di mana pun berada: di dalam pekerjaan atau lingkungan mana pun.

 

Karena tinggal terpisah di Gosyen, orang-orang keturunan Ibrani berkesempatan beranak cucu sedemikian banyak sampai mereka menjadi suatu bangsa. Orang Israel juga memiliki kebiasaan beribadah kepada Tuhan dan mempersembahkan korban. Ini pun menjadi kekejian bagi orang Mesir. Berkatalah Musa, “…korban yang akan kami persembahkan kepada TUHAN, Allah kami, adalah kekejian bagi orang Mesir. Apabila kami mempersembahkan korban yang menjadi kekejian bagi orang Mesir itu, di depan mata mereka, tidakkah mereka akan melempari kami dengan batu? Kami harus pergi ke padang gurun tiga hari perjalanan jauhnya untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allah kami, seperti yang difirmankan-Nya kepada kami.” (Keluaran 8:26-27).

 

Bagi orang dunia memberi atau berkorban adalah kerugian, tapi orang percaya diajar untuk memberi dan berkorban bagi Tuhan. Inilah kunci hidup berkelimpahan! “Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.” (Lukas 6:38).

 

Kesimpulan: Mau hidup berkelimpahan? Mari belajar memberi dan berkorban yang terbaik bagi Tuhan!

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *